Home » » Solusi Untuk yang malas Olahraga

Solusi Untuk yang malas Olahraga

aktif olahragaMalas pergi ke gym, sepak bola, bermain badminton atau sekedar jogging? Ya banyak orang malas olahraga karena berbagai alasan. Dan memang terlihat lebih nyaman duduk di sofa sambil makan camilan dan nonton acara televisi favorit dirumah.
Malas-malasan memang terlihat lebih nyaman tapi dalam jangka panjang dapat sangat merugikan. Di banyak artikel sebelumnya kami telah menjelaskan bahwa kesehatan adalah suatu investasi yang paling penting di masa depan dan salah satu yang paling berperan adalah Olahraga. Olahraga dapat membuat mood lebih baik dengan cara meningkatkan serotonin, meningkatkan energi tubuh, meningkatkan produktifitas, mengurangi risiko berbagai macam penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Dalam hati mungkin anda berkata “Iya saya tahu olahraga baik untuk kesehatan tapi saya lagi males olahraga, gimana dong?”. Untuk menghilangkan rasa malas itu lakukan tips-tips di bawah ini.
1. Cari motivasi atau alasan mengapa kita perlu olahraga
Musuh yang paling berat dari seorang yang malas adalah diri mereka sendiri. Mereka tidak menemukan alasan yang tepat kenapa mereka perlu olahraga bahkan meskipun sudah mengetahui manfaat-manfaat olahraga.
Carilah motivasi atau alasan mengapa kita perlu olahraga. Misalnya ingin mendapatkan tubuh yang indah tanpa gumpalan lemak berlebih di perut dan pipi. Ingin membentuk perut sixpack, ingin meningkatkan prestasi belajar, supaya tidak mudah lelah dan lain-lain.
Para ahli sepakat bahwa trik motivasi nomor satu supaya seseorang melakukan suatu hal adalah menetapkan tujuan yang jelas. Tanpa tujuan yang jelas seseorang tidak akan mau melakukan suatu hal terlebih jika hal itu memerlukan usaha.
Coba ingat-ingat kapan terakhir anda pergi ke sebuah toko tanpa ingin membeli apa-apa atau tanpa tujuan apapun dan pergi ke toko tersebut hanya karena anda ingin pergi kesan. Pasti anda tidak pernah pergi ke toko tanpa tujuan yang jelas. Nah itu kunci pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan motivasi kenapa ingin berolahraga dan hasil akhir apa yang diinginkan.
2. Buat jadi menyenangkan
hal-hal yang membuat olahraga bisa menjadi menyenangkan diantaranya:
  • coba bergabung dengan komunitas yang sudah ada misalnya ikut event jalan sehat, komunitas pesepeda, ikut club sepak bola dan lain-lain. Alternatifnya, kita bisa membentuk komunitas sendiri dengan berolahraga bersama orang-orang yang kita suka atau keluarga kemudian ajak orang lain untuk bergabung. Olahraga tidak akan menyenangkan jika dilakukan sendiri kecuali jika kita sudah mempunyai motivasi yang kuat.
  • Tidak ada salahnya membawa pemutar musik saat jogging, membaca majalah saat mengayuh sepeda statis, nonton TV saat treadmill atau sit up, atau memutar musik saat bermain bulu tangkis dan futsal. Hiburan-hiburan itu akan membuat suasana latihan menjadi lebih nyaman.
  • Tanya pada ahlinya. Banyak olahraga yang bersifat kompetisi untuk dapat mengalahkan lawan bermain kita memerlukan trik-trik dari ahli yang sudah berpengalaman. Trik-trik ini juga membuat kita lebih tertantang sehingga permainan menjadi jauh lebih menyenangkan.
  • Cari tempat yang nyaman dan menyenangkan
3. Fokus pada olahraga yang ringan
Seorang yang lama tidak berolahraga tidak seharusnya lari maraton selama 60 menit saat mulai latihan supaya mencapai berat badan ideal dalam waktu singkat. Mulailah dari yang ringan-ringan misalnya jalan santai, lompat tali, bersepeda, berenang dan lain sebagainya waktunya pun jangan terlalu lama. Waktu latihan bisa ditambah secara bertahap
4. Mulailah hari ini
Salah satu yang paling sulit saat kita sedang malas adalah memulai sesuatu. Tapi saat sudah mulai latihan bisa jadi kita akan menikmati dan ketagihan karena sebenarnya olahraga memperbaiki mood menjadi lebih baik dan setelah kita melakukannya beberapa kali, kita sudah bisa mendapatkan manfaatnya.
Bagaimana kalau yang malas olahraga itu kakak, adik, saudara, suami atau istri? Prinsipnya sama, yaitu menemukan motivasi, buat menjadi lebih menarik, dan sarankan untuk melakukan olahraga yang ringan-ringan terlebih dahulu. Tips-tips di atas tetap berlaku tetapi dengan sedikit modifikasi tentunya.
Anda sedang membaca artikel tentang Solusi Untuk yang malas Olahraga. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://rujakcemil.blogspot.com/2012/05/solusi-untuk-yang-malas-olahraga.html. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silakan masukkan email Anda di bawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit.
Bagikan artikel ini :
Description: Solusi Untuk yang malas Olahraga
Rating: 4
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Solusi Untuk yang malas Olahraga

Artikel Terkait

 
DMCA.com
Copyright © 2013. Rujakcemil-Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger

Log In Blogger